Kamis, 08 Juni 2017

DHCP SERVER DENGAN DEBIAN 7

Posted by Unknown On 19.55
DHCP SERVER DI LINUX DEBIAN

Dynamic Host Configuration Protocol atau disingkat menjadi DHCP adalah sebuah layanan yang memberikan IP secara otomatis kepada komputer client dari komputer server. komputer server akan di konfigurasikan agar dapat memberikan IP ke client secara otomatis agar komputer client tidak perlu lagi mengkonfigurasikan IP untuk dirinya sendiri.
Pada kali ini saya menggunakan 2 pc dimana 1 pc OS linux Debian 7 sebagai servernya dan 1 pc windows  xp sebagai clientnya yang sudah terhubung dengan kabel agar membentuk jaringan client-server. Berikut langkah-langkah untuk installasi dan konfigurasi DHCP pada debian 7.
(Pastikan anda sudah siap dengan debian dan windowsnya, kalian juga bisa menggunakan virtual OS)

1. Pastikan anda sudah masuk sebagai root atau super user.
2. Langkah kedua adalah install paket isc-dhcp-server , dengan perintah :

#apt-get install isc-dhcp-server


Jika terdapat tanda FAILED berwarna merah janganlah panik karena itu tidak masalah dalam installasi sebab nantinya akan di konfigurasikan dan dapat dijalankan dengan baik.

3. Langkah selanjutnya ada konfigurasi DHCP Server edit file “/etc/dhcp/dhcpd.conf” dengan perintah :
#nano /etc/dhcp/dhcpd.conf

4. Selanjutnya carilah kata "sli" dengan menekan CTRL+W lalu ketikan tadi "sli" lalu tekan enter.





Kemudian hilangkan tanda # di bagian bawahnya. Tanda # untuk menyatakaan bahwa baris tersebut adalah komentar, komentar tidak akan di eksekusi. Setelah di hapus maka saatnya setting IP untuk DHCP-nya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan, seperti pada gambar di atas. Setelah selesai setting IP-nya anda tinggal save apa yang telah di setting dengan menekan CTRL+X lalu tekan y dan enter.

5. Langkah berikutnya anda mengedit difile di “/etc/default/isc-dhcp-server“ dengan perintah :

#nano /etc/default/isc-dhcp-server



Pada isi file terdapat bagian paling bawah yang bertuliskan INTERFACES=”eth0”. Disini anda dapat mengubah device network yang digunakan misal disini saya menggunakan eth0. setelah diubah jangan lupa untuk di save filenya dengan menekan CTRL+X lalu y dan enter. 

6. Setelah menentukan device-nya saatnya menjalankan service isc-dhcp-server dengan perintah : 

#service isc-dhcp-server start



Setelah tanda ok muncul saatnya ketahap akhir yaitu dengan mengetes ke komputer client. Jika terdapat error atau kesalahan pastikan anda mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar dan coba anda ulangi lagi dari awal. 

7. Langkah terakhir adalah pengetesan pada komputer client. pastikan pada komputer client sudah masuk ke konfigurasi IP, jika belum maka anda klik start > contol panel > Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center > Change Adapter Setting. Setelah itu anda klik Local Area Connection dan pilih Properties. Selanjutnya anda pilih Internet Protocol Version 4 dan anda pilih IP serta DNS secara otomatis, lalu klik ok. Untuk dapat mengetahui IPnya secara otomatis anda dapat mengeceknya melalui Details setelah anda mengklik Local Area Connection. 



Demikianlah DHCP server pada Debian 7.

Categories:

1 komentar:

  1. If you'd like an alternative to randomly picking up girls and trying to find out the right thing to say...

    If you would prefer to have women pick YOU, instead of spending your nights prowling around in crowded bars and night clubs...

    Then I urge you to view this short video to find out a amazing secret that has the potential to get you your very own harem of beautiful women:

    Facebook Seduction System!!!

    BalasHapus

  • Statistic Blog

  • Translator widget

    English French German Spain

    Italian Dutch Russian Brazil

    Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
    Translate Widget by Google