Kamis, 01 Mei 2014

ILMU BUDAYA DASAR TUGAS KE-2

Posted by Unknown On 07.11
TANGGUNG JAWAB


Pengertian Tanggung Jawab

Tanggung  jawab  menurut  kamus umum Bahasa Indonesia adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum bahasa Indonesia adalah berkewajiban menanggung,memikul jawab, menanggung segala sesuatunya, atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya. Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya  yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tangung  jawab juga  berarti berbuat  sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya.Dari segi ajaran islam Manusia diciptakan ALLAH S.W.T dalam bentuk yang paling sempurna diantara mahluk lainnya. Manusia diberi kelengkapan akal pikiran juga hati nurani. Dengan akal pikiran tersebut manusia bisa memikirkan tanda-tanda kebesaran ALLAH S.W.T dan dengan hati nurani manusia bisa saling mengasihi antar mahluk ciptaan ALLAH S.W.T . Bisa membedakan antara yang benar dan yang salah, serta yang baik dan yang buruk. Oleh karena itu, semua kegiatan yang kita lakukan setiap saat akan dipertanggung jawabkan dihadapan ALLAH S.W.T nanti dihari kiamat sebagaimana sabda Rasulullah Saw berikut ini :
“Setiap manusia adalah pemimpin, dan setiap pemimpin diantara kamu akan diminta pertanggung jawabannya atas kepemimpinannya.” (HR.BUKHARI)”.
Hadis diatas menjelaskan bahwa semua manusia merupakan pimpinan atau ra`in, yang kelak harus bertanggung jawab atas kepemimpinannya. Ada bermacam-macam tanggung jawab antara lain adalah tanggung jawab terhadap diri sendiri, tanggung terhadap keluarga, tanggung jawab terhadap lingkungan masyarakat, tanggung jawab terhadap agama dan tanggung jawab terhadap bangsa dan negara. Namun pada kesempatan ini saya hanya akan menjelaskan tentang tanggung jawab terhadap diri sendri.

Tanggung Jawab Terhadap Diri Sendiri
Tanggung jawab terhadap diri sendiri merupakan tanggung jawab yang menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian yang baik dan moral yang baik pula sebagai manusia pribadi. Sehingga bisa memecahkan masalah-masalah kemanusiaan mengenai dirinya sendiri, karena merupakan manusia pribadi maka manusia mempunyai pendapat sendiri, perasaan sendiri, angan-angan sendiri. sebagai perwujudan dari pendapat, perasaan dan angan-angan itu manusia berbuat dan bertindak. Disamping itu manusia tidak luput dari kesalahan, keliruan, baik yang disengaja maupun tidak.
contohnya seperti seorang pelajar tanggung jawabnya adalah menuntut ilmu dan belajar dengan baik, jika ia sudah menjalankan dan mengerjakannya maka ia sudah bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri . selain itu juga ia sudah melakukan kewajiban yang sudah di berikan oleh orang tuanya. Menurut pandangan ajaran islam, Islam melarang berbuat merusak diri kita sendiri. Firman Allah SWT. menjelaskan larangan tersebut dalam surah Al-Baqoroh ayat 195 :
ﻮﺍﻨﻔﻘﻮﺍﻓﻲﺴﺑﻴﻠاﷲﻮﻻﺘﻠﻗﻮاﺑﺎﻴﺩﻴﻜﻢﺍﻠﯽاﻠﺘﺤﻠﻜﺔﻮﺍﺤﺴﻨﻮااﻦﺍﷲﻴﺤﺏﺍ
ﻠﻤﺤﺴﻧﻴﻦ﴿ﺍﻠﺒﻘﺮﺓ١٩٥﴾
Artinya :
Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan dan berbuat baiklah, kerena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.
Agama Islam tidak membenarkan orang orang berbuat yang akan mencelakakan dirinya, sekalipun mungkin berguna bagi orang lain. Agama Islam juga tidak membenarkan perbuatan yang nampaknya baik/terpuji tetapi berpengaruh buruk pada dirinya sendiri. Tanggung jawab terhadap diri sendiri diperintahkan oleh Allah dalam surah 
At-Tahrim ayat 6 :

ﻴﺎﻴﺤﺎﺍﻠﺫﻴﻦﺍﻤﻨﻭﺍﻘﻮﺍﺍﻧﻓﺴﻛﻡﻭﺍﻫﻠﻴﻛﻡﻓﺎﺮﺍﻭﻗﻮﺩﻫﺎﺍﻠﻨﺎﺲﻮﺍﻟﺤﺠﺎﺮﺓ۰۰﴿ﺍﺘﺤﺮﻴﻢ٦﴾
Artinya :
Hai orang-orang yang beriman, pelihara dirimu dan keluarga mu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu...
Seorang muslim diharuskan mengutamakan diri nya sendiri dahulu untuk kebaikannya didunia sehingga terbebas dari bahaya, lebih-lebih marabahaya di akhirat yang berupa neraka. Tapi juga tidak boleh meninggalkan tanggung jawab terhadap orang lain dan keluarga.


sumber : 
http://teguhqreenblog.blogspot.com/2009/12/tanggung-jawab.html
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

  • Statistic Blog

  • Translator widget

    English French German Spain

    Italian Dutch Russian Brazil

    Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
    Translate Widget by Google